KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalMendagri Tjahjo Kumolo Himbau Masyarakat Gelar Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa oleh : Danny Melani Butarbutar
16-Okt-2019, 10:13 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Mengutip Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor111/11285/SJ tanggal15 Oktober 2019, dikabarkan bahwa Komunitas Lintas Agama dan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan menggelar Doa Bersama. Doa bersama tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Rayuan Gombal vs Cinta Sejati 11 Okt 2019 08:58 WIB


 
 
DAERAH

Gara-gara Banyak Kasus Tak Terungkap Kapolres Samosir Dituntut Mundur
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 28-Mei-2019, 12:58:49 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Sesuai undangan dan relis yang diterima pewarta media ini, dikabarkan bahwa pada hari Senin (27/5), puluhan awak media (wartawan, jurnalis) dan aktifis LSM yang tergabung dalam Aliansi Wartawan dan LSM melakukan aksi damai - unjuk rasa ke Mako Polres Samosir, Pangururan.

Amatan media, para aktivis dan pekerja media sebelumnya berkumpul di simpang empat (depan gereja bolon HKBP) dan berjalan kami menuju mako Polres yang berada di pusat kota Pangururan.

Sambil berorasi, pengunjuk rasa membawa beberapa spanduk yang berisi tulisan tuntutan mereka antara lain meminta agar Kapolri ataupun Kapolda Sumut mencopot Kapolres Samosir karena dianggap tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Spanduk juga dilengkapi foto-foto kasus yang terjadi di Samosir.

Salah seorang wartawan yang dikonfirmasi melalui jaringan medsos menjelaskan pekerja media, digelarnya aksi ini berawal dari banyaknya kasus pelanggaran hukum yang mengemuka di daerah itu, namun tidak mampu diungkap oleh Kapolres Samosir yang sejak tahun 2017 dijabat AKBP Agus Darojat, SIK menggantikan AKBP Donald P.Simanjuntak, SIK yang dimutasi menjadi Kapolres Binjai.

Lebih lanjut disampaikanya melalui relis, para pekerja dan aktifis LSM melakukan unjuk rasa damai diatas dasar aturan hukum UU No 9 Tahun 1998 tentang kebebasan menyampaikan pendapat dimuka umum; dan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2009 tentang Pengawasan dan Pengendalian Penanganan Perkara Pidana di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pasal 39 ayat 1, berbunyi: dalam hal menjamin akuntabilitas dan transparansi penyidikan.

Di Mako Polres Samosir, juru bicara aksi mengatakan bahwa dengan visi misi Polri dan layanan profesional, modern dan terpercaya (Promoter), seharusnya pihak Polres dapat menyelesaikan kasus-kasus yang terjadi. "Hanya isapan jempol di Mako Polres Samosir, melihat dari beberapa kasus yang mengendap tanpa tau bagaimana perkembangannya." sebut koordinator aksi.

Dengan alasan lemahnya penegakan supremasi hukum di wilayah hukum Polres Samosir, serta lambannya penanganan kasus, bahkan terkesan dibenamkan, koordinator aksi menyuarakan agar Kapolri atau Kapolda Sumut segera mencopot AKBP Agus dari jabatan Kapolres Samosir.

Para wartawan dan LSM sedang menyampaikan aspirasinya itu kemudian diterima oleh Wakapolres Samosir Kompol C. H Simanjuntak, didampingi Kabag Ops Polres Samosir Kompol Bernad Naibaho.

Baik dalam orasi maupun di ruang pertemuan, para pengunjuk rasa dan koordinator aksi memaparkan beberapa kasus yang mengemuka dan selalu diberitakan di media namun tidak mendapatkan penanganan serius dari Kapolres Samosir.

Disebutkan, bahwa dalam pemberitaan berbagai media sebelumnya, beberapa kasus yang mengemuka diantaranya pembalakan hutan Tele yang ditengarai menyebabkan banjir bandang; kasus pencurian 6 Desember 2018, yang terjadi di Dinas PPAMD dan Dinas PERA-KPP, Kabupaten Samosir, dengan total kerugian 165 juta; dan terakhir pencurian Inventaris Dinas Pariwisata senilai 178 juta.

"Kasus yang paling mengemuka adalah pembalakan hutan Tele tidak mendapatkan penanganan serius dari Kapolres Samosir. Bupati Samosir telah siap menjadi pelapor ketika itu. Pembalakan di APL Tele, tertangkap basah alat berat sedang beroperasi dan beberapa pohon yang ditebang. Namun persoalan penebangan pohon di kawasan Tele yang telah menyebabkan kerusakan lingkungan Samosir", sebut juru bicara aksi.

Setelah menyampaikan tuntutannya kepada Wakapolres Samosir Kompol C. H Simanjuntak, para pengunjuk rasa kembali menyampaikan perrnyataan Kapolri.

"Bapak Kapolri, Jenderal Bintang Empat Tito Karnavian berkata bahwasanya yang terpenting kepolisian harus pasti dalam mengungkapkan kasus apapun yang terjadi di wilayah hukumnya dan jika selama 1 bulan pihak Kepolisian tidak mengugkapkan kasus yang terjadi, maka kapolres, kasat, direktorat harus digantikan." sebutnya jurubicara aksi.

"Diduga kuat Kapolres Samosir yang mana adalah naungan dan binaan Kapolri tidak mengikuti perintah Kapolri Tito Karnavian, Polres Samosir tidak ungkap kasus selama 1 bulan yang selanjutnya harus mengganti Kapolres, yang mana dalam hal ini sudah layak dicopot dari jabatanya." tutup koordinator aksi.

Sebagai tambahan informasi, dalam relisnya disampaikan kasus-kasus yang belum mendapat penanganan Polres Samosir yakni:
1. Pencurian 6 Desember 2018 di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (PPAMD) dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PERA-KPP) Kabupaten Samosir, total kehilangan Rp. 165 juta. Kasus pencurian ini sudah berjalan 5 bulan lebih, namun belum pernah diungkapkan pihak kepolisian sudah sejauh mana hasilnya (tidak ada pemberitahuan perkembangan hasil penyidikan). Sementara kasus pencurian ini sdh berjalan 5 bulan lebih.
2. Rabu 2 Januari 2019 Laporan tindak pidana pornografi dan UU ITE . Nomor LP : 02/I/2019/SMR/SPKT/3 Januari 2019, sepertinya gelap gulita. Pencabulan di huta Sinapuran, Langat desa Simanindo, Kecamatan Simanindo pada Jumat, 2 Maret 2018 lalu dengan nomor STPL : 25/III/2018/SMR/SPKT. Kasus ini hanya sampai penetapan tersangka, sampai sekarang belum ada penangkapan, sementara korban trauma berat atas kejadian yang menimpa dirinya.
3. Illegal Loging di Areal Penggunaan Lain (APL) Hutan kecamatan Harian pada Kamis 10 Januari 2019. Hutan penyangga di Kawasan Danau Toba (KDT ) ini sudah sangat kritis dan akibatnya baru-baru ini terjadi banjir dan longsor. Telah menimbulkan korban jiwa, rumah hancur serta perladangan para petani rusak parah pada akhirnya banyak menimbulkan kerugian yang dialami masyarakat. Sementara barang bukti seperti beko dan sejumlah peralatan lainnya sudah di amankan pihak polisi tetapi kasus ini masih masih belum biasa ditetapkan tindakan pidana.
4. Kasus-kasus Pengaduan Masyarakat (Dumas) lainnya, yang sampai sekarang tidak diketahui sudah sampai mana prosesnya.

Mencermati aksi damai ini, beberapa wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan dan LSM menyampaikan rasa pesimisnya akan hasil tuntutan aksi damai yang digelar. Ada yang berkomentar, mandul dan tidak jelas.

Namun demikian mereka berharap bahwa unjuk rasa yang digelar minimal menjadi awal keberanian dan kemampuan pekerja media serta LSM menyampaikan langsung pendapatnya.

"Bagi saya, justru aksi ini menjadi titik awal menunjukkan jati diri Wartawan dan LSM sbg warga negara yang independen, berintegritas, menyuarakan kebenaran, dan tidak menjadi warga yg ambil muka-angkat telor. "Pisau" kita tidak hanya membedah yang positif tetapi juga menguak ketidakbenaran yg terjadi di pemerintahan dan masyarakat." tulis seorang pewarta di salah satu grup Whatsapp.

"Benar n betul pak. Tapi tindaklanjut yang terutama dan paling utama, serta kesimpulan yg kita nantikan. Begitu sj pendapat saya.. trims," sahut seorang jurnalis media cetak.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia