KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalIbunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo Meninggal Dunia oleh : Danny Melani Butarbutar
25-Mar-2020, 14:42 WIB


 
  KabarIndonesia - Berita duka yang dikutip dari berbagai media bahwa Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (25/3/2020).

Informasi ini dikonfirmasi oleh salah satu staf khusus Presiden, Angkie Yudistia. “Iya betul, saya juga
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA







 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
YUK LAWAN WABAH KESEPIAN ! 21 Mar 2020 12:41 WIB


 
 
LINGKUNGAN HIDUP

Indonesia - UEA Siap Bekerja Sama Di Bidang Pengembangan dan Pemanfaatan Mangrove
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 20-Feb-2020, 06:14:51 WIB

KabarIndonesia - Uni Emirat Arab (UEA) sangat berminat, dan siap bekerja sama dengan Indonesia dalam hal pengembangan dan pemanfaatan mangrove. 

Hal ini terungkap dalam pertemuan yang dihelat di Jakarta, pada tanggal 18 Februari 2020, antara delegasi UEA yang diketuai oleh Penjabat Direktur Eksekutif Sektor Keanekaragaman Hayati Terestrial & Kelautan, Badan Lingkungan Hidup - Abu Dhabi, UEA, Mr. Ahmed Al Hashmi dengan pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, melalui Plt Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kemenko Marves, Nani Hendiarti.

"Kami membahas kemungkinan untuk bekerja sama di bidang pengembangan dan pemanfaatan mangrove. Kedua negara bermaksud mengembangkan bidang-bidang kerja sama potensial, di antaranya di pembibitan, restorasi dan rehabilitasi bakau, layanan ekosistem mangrove, seperti ekowisata, karbon biru, perikanan, perlindungan pesisir. Kemudian pengembangan kapasitas yang mencakup pertukaran pengetahuan dan teknologi, seperti kultur jaringan mangrove, drone untuk rehabilitasi. Lalu asisten teknis, seperti lokakarya dan pelatihan, serta penelitian bersama," ujar Plt Deputi Nani dalam sambutannya.

Kemudian, Plt Deputi Nani juga menekankan mengenai pentingnya kerja sama di bidang pengembangan dan pemanfaatan mangrove antara Indonesia - UEA.

"Sekarang, Pemerintah Indonesia fokus untuk mempercepat target rehabilitasi. Tindakan nyata dan konsep yang kuat akan menjadi landasan bagi kerja sama ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Mr Ahmed mengatakan, selain ia berterima kasih kepada pemerintah Indonesia atas keramahan yang diberikan kepadanya dan delegasi lainnya, ia juga menyatakan, bahwa UEA sangat berminat pada beberapa bidang di rencana kerja sama ini.

"Yaitu area penelitian untuk bertukar metodologi dan pengalaman dengan lebih fokus pada satu-satunya spesies bakau yang ada di UAE (Avicennia marina), kami juga berminat untuk mengembangkan pedoman untuk pemantauan dan evaluasi, dan program pertukaran untuk peneliti muda dan lainnya. Juga, tentang pembibitan dan perkebunan, penerapan teknologi, pemanfaatan situs hutan bakau untuk ekowisata," ujarnya.

Salah satu poin kerja sama, UEA berencana akan membantu program rehabilitasi dan restorasi mangrove dengan teknologi yang dimiliki olehnya. Pemerintah Indonesia juga akan memilih beberapa site hutan mangrove yang akan didorong untuk bekerja sama dengan UEA. Hal ini guna mempercepat program ini agar dapat mendatangkan benefit bagi masyarakat.

*Kunjungan ke Hutan Mangrove Karangsong*

Agenda pertemuan antara Indonesia - UEA lantas dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Taman Hutan Mangrove, Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.

Di sela-sela kunjungan lapangan, Plt Deputi Nani menyoroti perihal cukup banyaknya lahan mangrove yang terdegradasi, dan sebagian besar karena ulah manusia, semisal alih fungsi lahan dan sebagainya, tetapi juga ada karena alam.

"Namun 5 tahun terakhir ini semenjak ada Kemenko Marves, mulai kelihatan ada progres ke arah yang lebih positif, yaitu kita mengembalikan mangrove yang terdegradasi dengan jalan restorasi, rehabilitasi dan itu terus kita upayakan agar mangrove kembali kepada fungsinya. Harapannya, kerja sama dengan UEA ini bisa mempercepat pencapaian target nasional itu," ujarnya kepada awak media, Rabu (19/02/2020).

Sementara, Mr Ahmed mengaku sangat senang dan bangga karena berkesempatan untuk mengunjungi Hutan Mangrove Karangsong. Ia pun berencana akan menceritakan pengalaman ini ke negaranya dan juga dunia.

"Ini adalah pengalaman yang sangat luar biasa, ini adalah kebanggaan bagi kami untuk mengunjungi situs ini dan bertemu dengan masyarakat setempat yang mengembangkan hutan bakau ini, dan kami tahu persis nilai yang diberikannya. Ini adalah kisah yang hebat untuk diceritakan kepada dunia, bagaimana masyarakat tak dapat terpisahkan dengan lingkungannya, dan ini memperlihatkan bagaimana mereka bertindak dengan cara yang berkelanjutan," ungkapnya.

Nantinya, sebagai tindak lanjut, dan untuk membahas bidang-bidang kerja sama yang potensial, UEA menyambut gagasan untuk mengadakan diskusi lebih lanjut melalui lokakarya di Abu Dhabi pada tanggal dan waktu yang disepakati dari kedua belah pihak, dan dengan melibatkan para ahli dari kedua negara untuk membahas peluang kerja sama secara terperinci. (Sumber: Siaran Pers Biro Perencanaan dan Informasi Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI).

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia