KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

BAZNAS Kirim Amil ke Pertemuan Pemuda Asia Pasifik

 
SERBA SERBI

BAZNAS Kirim Amil ke Pertemuan Pemuda Asia Pasifik
Oleh : Supriyanto | 04-Des-2019, 19:01:58 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Seorang Amil Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Randi Swandaru terpilih menjadi salah satu dari 200 pemimpin muda dari 33 negara, untuk menghadiri pertemuan pemuda Asia Pasifik yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, 10-14 Desember 2019.
Diinisiasi oleh Obama Foundation Leaders regional Asia Pasifik, Randi yang menjabat sebagai Kepala Divisi Pendayagunaan BAZNAS akan mewakili Indonesia bersama 18 orang pilihan lainnya. Ke-18 orang Perwakilan Obama Foundation Leaders dari Indonesia ini berasal dari latar belakang pekerjaan dan bidang yang beragam mulai dari sektor publik, swasta, dan nirlaba. Mereka bekerja di berbagai isu dari pendidikan, lingkungan hidup, komunikasi dan informasi, hingga kewirausahaan.
Digelar selama 5 hari, Randi akan mengikuti serangkaian kegiatan yang akan dihadiri langsung oleh mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus pendiri program, Barack Obama dan Michelle Obama. Selain itu hadir pula tokoh-tokoh insipratif dunia seperti, Wakil Menteri Perempuan, Keluarga, dan Pembangunan Komunitas Malaysia, YB Hannah Yeoh, Pendiri Air Asia Tan Sri Dr. Tony Fernandes, Direktur Hubungan Eksternal Green Climate Fund, Dr. Oyun Sanjaasuren, dan pendiri Allbirds Tim Brown.  
Dalam forum tersebut, lulusan Master of Islamic Finance and Management Durham University ini akan berkesempatan mengikuti workshop peningkatan keterampilan, pelatihan pengembangan kepemimpinan, sekaligus peluang untuk saling menjalin hubungan dan mengembangkan jaringan antar peserta Obama Leaders. 
Randi mengaku sangat senang dan bangga bisa menjadi salah satu yang terpilih dalam program ini. Kesempatan ini akan menjadi salah satu peluang untuk memperkenalkan zakat ke forum intemasional tersebut. 
"Saya bersyukur bisa terpilih menjadi salah satu peserta Obama Foundation Leaders. Ini menjadi momentum yang baik untuk menyuarakan zakat ke khalayak yang lebih luas. Dan juga saya mengucapkan terima kasih ke BAZNAS atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti program ini," katanya. 
Randi berharap sepulangnya dari mengikuti forum tersebut, akan mendapatkan ilmu baru yang dapat diaplikasikan ke dalam dunia zakat demi mengatasi masalah kemiskinan dan kesenjangan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. 
Kesempatan yang didapat oleh Randi Swandaru ini mendapat tanggapan positif dari anggota BAZNAS, Irsyadul Halim. Irsyad mengatakan ini menjadi sebuah prestasi yang dapat membawa nama BAZNAS ke dunia internasional yang lebih luas lagi. 
"Ini adalah sebuah pencapaian yang menggembirakan bagi BAZNAS. Dimana selain berjuang untuk menyalurkan dan mengelola zakat, BAZNAS masih mampu menghasilkan amil yang berprestasi. Tentunya ini akan semakin mengukuhkan BAZNAS di mata masyarakat karena diisi oleh orang-orang yang kredibel dibidangnya," jelasnya. 
Dalam kesempatan terpisah, Direktur BAZNAS, M Arifin Purwakananta berharap akan muncul lebih banyak lagi amil berprestasi lainnya di lembaga yang ia pimpin. Menurut Arifin, terpilihnya Randi semakin memantapkan nama BAZNAS sebagai lembaga zakat di kancah dunia.
"Saya berharap keikutsertaan Randi dalam forum pertemuan ini bisa menjadi inspirasi amil BAZNAS lainnya agar lebih bersemangat mencari peluang mengikuti kegiatan dan forum internasional lainnya, untuk menyebarkan dakwah mengenai pentingnya zakat, demi mengentaskan kemiskinan di dunia," tegasnya. 
Obama Foundation Leaders adalah undangan forum pertemuan intemasional ketiga yang diikuti oleh Randi Swandaru. Sebelumnya pada tahun 2010, la pernah diundang oleh Indonesia English Language Program (IELSP) bersama 20 orang terpilih untuk belajar budaya Amerika dan bahasa Inggris di Ohio University. Selanjutnya pada tahun 2018, ia kembali mendapatkan undangan Future Leader Connect, dari British Council mewakili lembaga zakat.
Tentang BAZNAS 
BAZNAS adalah badan pengelola zakat yang dibentuk pemerintah melalui Keputusan Presiden (Kepres) No 8/2001. BAZNAS bertugas menghimpun dan menyalurkan Zakat Infak dan Sedekah pada tingkat nasional. Lahirnya UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, mengukuhkan peran BAZNAS sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat nasional. BAZNAS sudah berdiri di 509 daerah (tingkat Provinsi dan Kabupaten/ Kota).
Visi Baznas :
Menjadi pengelola zakat terbaik dan terpecaya di dunia.
MISI Baznas :
1. Mengkoordinasikan BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota dan LAZ dalam mencapai target-target nasional; 2. Mengoptimalkan secara terukur pengumpulan zakat nasional; 3. Mengoptimalkan pendistribusian dan pendayagunaan zakat untuk pengentasan kemiskinan, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemoderasian kesenjangan sosial; 4. Menerapkan sistem manajemen keuangan yang transparan dan akuntabel berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkini; 5.Menerapkan sistem pelayanan prima kepada seluruh pemangku kepentingan zakat nasional; 6. Menggerakkan dakwah Islam untuk kebangkitan zakat nasional melalui sinergi ummat; 7. Terlibat aktif dan memimpin gerakan zakat dunia; 8. Mengarusutamakan zakat sebagai instrumen pembangunan menuju masyarakat yang adil dan makmur, baidatun thayyibatun wa rabbun ghafuur;9. Mengembangkan kompetensi amil zakat yang ungguI dan menjadi rujukan dunia.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB


 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia