KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh :
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

BEETHOVEN KOMPONIS BUDEG YANG SAKTI
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 18-Des-2019, 02:59:58 WIB

KabarIndonesia - Menurut Wikipedia bahwa musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan.

Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. Pencipta musik lazim dikenal sebagai komponis musik yaitu seseorang yang membuat musik, entah dengan notasi musik atau musik lisan, orang yang menciptakan hasil karya musik.

Hasil karya tertuliskan dalam komposisi musik instrumental maupun vokal dalam format solo, duo, trio, kuartet, kuintet, dan seterusnya sampai dengan orkestra dan meneruskan kepada orang lain untuk memainkannya.

Tidak semua orang memiliki kemampuan (talenta) menjadi komponis musik, pembuat lagi dan penyanyi. Karena musik dan lagu adalah merupakan wujud indera, getaran hati, jiwa dan perasaan bahkan gambaran dari cita-cita dan pengalaman. Artinya, tidaklah panca indera serta merta membatasi seseorang berkemampuan khusus, karena talenta itu pemberian Sang Maha Pencipta.

Lalu kita bertanya, bisakah seorang BUTA MELUKIS? - Jelas TIDAK MUNGKIN BISA!. Bagaimana dengan seorang TULI BUDEG 100% bisakah mengkomposir MUSIK? – Ternyata BISA !!!

Hal ini telah dibuktikan oleh BEATHOVEN atau “Ludwig van Beethoven” (1770 -1827) yg meninggal dlm usia 56 tahun. Ia adalah komponis musik klasik dari Jerman yg menjadi TULI sejak usia 30 tahun.

Namun hebatnya ia bisa menciptakan HASIL MAHAKARYA nya ‘SIMFONI NO. 9” setelah ia menjadi TULI selama 20 tahun. SIMFONI No. 9 yang lebih dikenal dengan nama “Ode to Joy” atau "An die Freude”.

SIMFONI No. 9 merupakan karya tak tersaingi, Durasi 75 menit, sehingga perusahaan Sonny mendisain CD yang berkapasitas 75 menit agar bisa merekam seluruh music tersebut.

Percaya atau tidak, musik ini bisa didengar 18 miliar kilometer dari Bumi, karena sudah dikirimkan melalui VOYAGER 2 ke luar angkasa!

Simfoni ini juga telah diadopsi menjadi LAGU KEBANGSAAN Uni Eropa.
Dan ketika demo mahasiswa di Tiananmen (1989) mereka menyiarkan simfoni ini melalui pengeras suara sebagai pernyataan melawan tirani.

(Bagaimana andai diusulkan agar simfoni ini diputar di MONAS dgn suara super keras saat demo atau reuni 212 ??)

Karya ini merupakan contoh pertama dari seorang komponis besar yg menggunakan suara manusia pada tingkat yg sama dengan instrumen-instrumen dalam sebuah simfoni.

SIMFONI No. 9 - lagu ini mengajak agar kita sesama manusia menjadi saling bersaudara secara damai satu dgn lain tanpa melihat agama, ras maupun bangsa!  Lagu yg sangat tepat dan cocok sekali untuk digaungkan dan diperdengarkan di seluruh dunia - dimana saja tempat terjadinya perselisihan manusia.

Kita simak terjemahan dari cuplikan teks lagu Ode to Joy:<strong> “Apa yang telah dipisahkan oleh kebiasaan yang kaku; Semua manusia menjadi saudara.... Saling berpelukanlah, wahai jutaan manusia! Dengan ciuman ini untuk seluruh dunia!”</strong>

Tahun 2020 adalah tahun jubelium yang ke 250 dari Beethoven, mari kita rayakan, berpelukanlah (https://www.youtube.com/watch?v=E9dLGDCdg3g).

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia