KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PendidikanMendikbud Nadiem Anwar Makarim Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar” oleh : Danny Melani Butarbutar
12-Des-2019, 16:26 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengabarkan bahwa untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
NASIONAL

Presiden Jokowi Resmikan Penggunaan Jalan Tol Trans Sumatera, Terpanjang di Indonesia
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 16-Nov-2019, 03:45:46 WIB

KabarIndonesia - Jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Tol Terpeka), yang membentang 189 kilometer di dua provinsi, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan, merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini. Penggunaan -pembukaannya resmi dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gerbang Tol Simpang Pematang, kilometer 240, Mesuji, Lampung, Jumat (15/11/2019).

Seperti dilansir Hilda B Alexander di Kompas.com, dalam peresmian ini Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, dan Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo.

Presiden Jokowi menyambut baik selesainya pengerjaan jalan tol ini dan menyatakan bahwa untuk saat ini Tol Terpeka merupakan jalan tol terpanjang yang di Indonesia, yang pernah diresmikan. “Tol sepanjang 189 km adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan. Kita harapkan akan disambung lagi dari Kayu Agung ke Palembang, dan akan dilanjut lagi ke Betung, Banyuasin, "tutur Jokowi.

Dilaporkan, kehadiran Tol Terpeka ini memiliki arti yang besar, antara lain mengenai titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, pengembangan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, menyediakan fasilitas untuk produksi karet, perkebunan dan lainnya, serta yang paling utama adalah untuk mencari lapangan pekerjaan baru, sehingga mampu memperbaiki kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Hutama Karya juga berhasil mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) dengan memecahkan pendaftaran Pembangunan Tol Terpanjang.

Menelan waktu pembangunan kurang dari 2,5 tahun, Tol Terpeka bukan hanya akan menjadi tol dengan ruas jalan terpanjang, melainkan juga akan menjadi tol terpanjang dengan durasi pembangunan tercepat di Indonesia. Ruas tol yang dinilai dapat meningkatkan konektivitas antara Provinsi Lampung dengan Provinsi Sumatera Selatan ini terhubung dengan berbagai kawasan produktif sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, dan menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di Sumatera.

Dirut PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan, dengan diresmikannya Tol Terpeka ini, tentu akan membawa dampak positif, terutama terhadap mobilitas masyarakat di wilayah Pulau Sumatera serta memperlancar alur distribusi dan waktu tempuh yang singkat plus biaya yang terjangkau. “Setelah diresmikan, maka jalan tol ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sudah beroperasi secara penuh serta dapat dilalui oleh masyarakat,” terang Bintang.

Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung melengkapi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah terbangun lebih dahulu dan beroperasi sejak bulan Oktober lalu.

Tiga ruas tol ini terbagi menjadi dua seksi, yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang terhampar sejauh 112 kilometer, kemudian Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 kilometer. Tol Terpeka memiliki 17 jembatan, enam simpang susun, dan 23 underpass yang akan memperlancar aksesibilitas serta perjalanan dari dan menuju ke arah Palembang, Sumatera Selatan.

Tol dengan lebar jalur utama selebar 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi dengan enam Gerbang Tol (GT), yaitu GT Gunung Batin di KM 26, GT Menggala yang ada di KM 43, GT Lambu Kibang di KM 61, GT Way Kenanga di KM 77, GT Simpang Pematang di KM 99, dan GT Kayu Agung di KM 188. Tol Terpeka dapat menampung volume kendaraan sebanyak lebih dari 6.400 kendaraan setiap harinya.

Sebelumnya, Erwin Hutapea KOMPAS.com melaporkan bahwa pemerintah bersama pengelola Jalan Tol Trans-Sumatera terus melakukan persiapan. Bukan hanya mengenai kondisi fisik jalannya, melainkan juga ketersediaan bahan bakar minyak di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, telah menyiapkan SPBU di 15 lokasi sepanjang tol yang panjangnya lebih kurang 361 kilometer itu. “Sudah beroperasi semua di 15 titik itu sehingga nanti untuk mudik jangan khawatir karena BBM sudah tersedia di tol sepanjang 361 kilometer, itu cukup panjang,” ucap Nicke saat dijumpai media di Palembang, Sabtu (25/5/2019).

Menurutnya, ada dua jenis bahan bakar yang disediakan, yaitu Pertamax dan Pertamina Dex. Masing-masing sebanyak 3.000 liter di satu SPBU sehingga terdapat 6.000 liter BBM di setiap SPBU. Jika tersedia 15 SPBU mulai dari Bakauheni sampai Palembang, artinya Pertamina menyediakan secara keseluruhan sebanyak 90.000 liter di sepanjang ruas tol tersebut.

Sementara itu, General Manager Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera Bagian Selatan Primarini menuturkan, pihaknya telah menyiapkan fasilitas pengisian bahan bakar di tujuh SPBU Modular dan enam Kiosk Pertamina Siaga di sepanjang ruas tol tersebut. Di ruas tol operasional Bakauheni-Terbanggi Besar, Pertamina Siaga hadir dalam bentuk SPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A, KM 87A, dan 87B, serta KM 115A dan 115B. Sedangkan di KM 33B sementara kami siapkan Kiosk Pertamina Siaga. "Khusus arus mudik dan balik, kami skenariokan di ruas Bakauheni dan Terbanggi Besar beroperasi 24 jam,” ujar Primarini.

Pertamina menyiapkan tiga produk, yaitu Pertamax dan Dex untuk di KM 33A, sedangkan Pertamax dan Dex kemasan untuk di KM 33B. Kemudian, Pertamax dan Bio Solar disiapkan di KM 87A dan 87B, serta di KM 115A dan 115B tersedia Pertamax dan Bio Solar. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan Dex kemasan di Km 87 dan Km 115 sebagai alternatif bahan bakar diesel.

Adapun di ruas tol fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang, Primarini menambahkan, SPBU Modular disiapkan di dua rest area, yakni di KM 215B dan 234A yang menyediakan produk Pertamax dan Dex. “Kami siapkan stok 3 kiloliter Pertamax dan Dex untuk melayani pemudik dari pukul 06.00 pagi hingga 17.00 sesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku. Rencananya juga ada tambahan tangki kapasitas 24 kiloliter di Km 215B,” imbuh Primarini.

Kios Pertamina Siaga juga disiapkan untuk menyediakan 30 BBM kemasan berkapasitas 10 liter untuk produk Pertamax dan Dex. Lokasinya berada di KM 163A, 172B, dan KM 208A. Untuk ruas tol Pematang Panggang sampai Kayu Agung, saat ini baru tersedia satu Kiosk Pertamina Siaga di KM 285B. “Kami pastikan pemudik yang melewati Tol Trans-Sumatera akan selalu terpenuhi kebutuhan BBM-nya, Pertamina Siaga akan selalu siap dalam memenuhi stok dan distribusi energi bagi pemudik,” pungkas Primarini.

Menyangkut kenyamanan perjalanan, mengantisipasi rasa penat-kecapean, pihak pengelola Tol Trans Sumatera juga menyiapkan tempat istirahat (rest area). Para pengguna jalan nantinya bisa beristirahat di 9 tempat istirahat yang tersebar di sepanjang Tol Terpeka, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan. Terdapat lima tempat istirahat di jalur yang mengarah ke Kayu Agung, dan empat sisanya untuk arah ke Bakauheni. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
Pemilu Spanyol Diulang 18 Nov 2019 12:05 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
LILIN ADVENT-NATAL 08 Des 2019 16:13 WIB

Kesehatan Manusia Dalam Alkitab 05 Des 2019 11:08 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia