KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKetua MPR RI Bamsoet Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Mei-2021, 10:01 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Mengutip surel editor KOMPAS.com, bahwa untuk tahun ini larangan mudik seperti membentur tembok.

"Mungkin karena kejenuhan yang menumpuk. Mungkun karena peasaan lebih aman lantaran vaksin dan klaim kemampuan pemerintah mengendalikan", sebut Wisnu Nugroho.

Persoalan
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 
 
NASIONAL

SEJUMLAH MENTERI AKAN HADIRI RAKERNAS I KMDT PADA 9-10 APRIL DI BALIGE KABUPATEN TOBA SUMUT
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 08-Apr-2021, 14:57:42 WIB

KabarIndonesia – Samosir, Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) yang berpusat di Jakarta akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas I) di hotel Labersa, Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Jumat-Sabtu, (9-10/4/2021).

Perhelatan Rakernas ini adalah untuk yang pertama kali digelar sejak KMDT berdiri tahun 2019. Pada saat Rakernas berlangsung,KMDT juga akan menggelar Pameran Expo UMKM di Pantai Pasifik kecamatan Porsea dan peresmian 5 (lima) Desa Wisata binaan KMDT di kabupaten Toba.

Informasi Panitia, bahwa Rakernas I ini akan diikuti dan dihadiri pejabat tinggi negara seperti,Ketua MPR RI, H.Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI, DR Azis Syamsudin, juga mantan Ketua DPR RI, H.Dr Oesman Sapta Odang (OSO). 
Selain itu, Rakernas akan dihadiri beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju, yakni Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Parekraf Sandiaga Uno, dan Menteri Perindustrian Dr Agus Gumiwang Kartasasmita.

Rakernas ini juga akan dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan para bupati/walikota serta pimpinan daerah di kawasan Geopark Kaldera Toba (Tapanuli Utara, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan, Simalungun, Karo, Dairi, Pakpak Bharat) serta kabupaten tetangga seperti Tapanuli Tengah dan kota Sibolga. Sementara dari pihak KMDT sendiri akan hadir sebagai peserta dari DPP, DPW dan DPD.

Rakernas KMDT ini digelar secara onsite di hotel Labersa Balige dan disiarkan secara live streaming melalui channel Youtube KMDT sejak pukul 09.00 hingga selesai. Diperoleh informasi dari Ketua Umum DPP KMDT St Edison Manurung SH, MM bahwa Presiden Joko Widodo akan hadir secara virtual, sekaligus membuka Rakernas I KMDT ini dari Jakarta.

Menurut Ketua Umum St Edison Manurung adapun materi yang akan dibahas dalam Rakernas I ini, adalah perumusan langkah strategis dalam rangka merealisasi visi dan misi KMDT yakni:”Menjadi wadah pendorong percepatan pembangunan destinasi wisata Danau Toba yang ramah lingkungan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berdaya saing global guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat berbasis ekonomi kerakyatan”

Sedangkan misi KMDT terdiri dari 5 (lima) poin yakni: 1. Mengambil bagian dalam percepatan pembangunan destinasi wisata Danau Toba melalui konstribusi strategis dan program kerja produktif dalam pengembangan destinasi wisata; 2. Menyukseskan percepatan kunjungan wisata ke destinasi Danau Toba melalui ketersediaan SDM unggul; 3. Mendorong pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat kawasan Danau Toba; 4. Mendorong peningkatan ekonomi masyarakat lokal di kawasan Danau Toba melalui pengembangan Koperasi dan UMKM serta pendampingan petani; 5. Mendorong pelestarian dan revitalisasi keragaman geologis, keragaman biologis (hayati) dan keragaman budaya ( geo-diversity, bio-diversity, and culture diversity) sebagai potensi wisata Danau Toba yang ramah lingkungan.

Dengan memperhatikan visi dan misi KMDT tersebut maka Rakernas I ini mengambil tema: “Percepatan Wisata Danau Toba Mendunia dan SDM Unggul di Era Jokowi, dan untuk itulah pentingnya kehadiran para pejabat tinggi negara dan menteri yang didaulat sebagai narasumber.

Menurut Edison, bahwa KMDT sebagai motor penggerak dalam percepatan promosi Danau Toba dan Kaldera Toba telah mempersiapkan sumber daya manusia di tubuh KMDT sendiri melalui pembentukan organisasi di tingkat wilayah dan daerah. “Saat ini, KMDT sudah memiliki pengurus organisasi di tingkat provinsi yaitu DPW KMDT Sumatera Utara, DPW KMDT DKI Jakarta, dan DPD KMDT di Kabupaten se kawasan Danau Toba dan Perwakilan KMDT di luar negeri,” tuturnya kepada pewarta media ini.

Lebih lanjut Edison menjelaskan bahwa KMDT berusaha untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas SDM khususnya di kawasan Danau Toba sehingga menjadi unggul-berdaya saing dibidang Kepariwisataan, Ekonomi Kerakyatan dan lingkungan hidup.

“KMDT bersama Dewan Pakar akan melakukan pemberdayaan dan penguatan melalui pelatihan-pelatihan bersertifikasi kepada masyarakat. Bersama komunitas masyarakat, kita bangun ekonomi kerakyatan melaluiusaha Koperasi dan UMKM. Kelak masyarakatlah yang akan menikmati kesejahteraan sekaligus menjadi pelaku/pemilik usaha-usaha yang dipelopori KMDT. Dengan demikian, perkumpulan/komunitas masyarakat bukanlah menjadi objek tetapi menjadi subjek seluruh kegiatan yang dilakukan oleh KMDT” sebutnya.

“Pada kesempatan Rakernas pertama ini selaku ketua Umum, Saya akan memberikan katas sambutan sekaligus memberi penjelasan tentang Apa, Siapa dan Untuk Apa KMDT itu dibentuk.

Saya ingin, agar segenap pemangku kepentingan kawasan Danau Toba sebagai KSPN dan Kaldera Toba anggota Geopark Unesco, memahami dan memaknai KMDT sebagai Perkumpulan Masyarakat yang terdiri dari masyarakat di sekitar Danau Toba, Bona Pasogit (daerah asal) dan seluruh masyarakat Indonesia.

Seluruh masyarakat secara bersama-sama melakukan aktivitas kerja untuk mempercepat kemajuan destinasi wisata Danau Toba dan Kaldera Toba serta menjaga keberlanjutan wisata Danau Toba (sustainable tourism) dan juga menciptakan SDM unggul untuk kesejahteraan seluruh masyarakat” jelas St Edison Manurung, Ketua Umum KMDT yang juga dikenal sebagai mantan Ketua KNPI. (Dikutip dari web KMDT, WAG dan sumber lain)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
 

 

 
 
 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia